SELAMAT DATANG DIBLOG SMKS KESEHATAN REFORMASI PONTIANAK NPSN 69947508 SIO NO:877 TAHUN 2016

SMKSK REFORMASI PTK

   A. PENDAHULUAN

Kesehatan merupakan komponen utama yang terkait langsung dengan kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu pembangunan kesehatan sebagai bagian dari pembangunan nasional harus dilaksanakan dengan melibatkan peran aktif lintas sektor dan masyarakat luas.

Pada saat ini Departemen Kesehatan sedang mengembangkan kebijaksanaan untuk menerapkan paradigma baru dalam pembangunan kesehatan yang disebut paradigma sehat. Paradigma ini bertumpu pada pemikiran dasar yang berorientasi kepada peningkatan dan perlindungan penduduk yang sehat, dan bukan hanya berorientasi pada penyembuhan pendudukyang sakit.

Seperti kita ketahui pembangunan kesehatan bersifat multidimensional dengan permasalahan dan tantangan yang cukup luas dan kompleks. Pendekatan yang bersifat parsial dan sektoralsentris sama sekali tidak dapat diterapkan dalam pembangunan kesehatan.

Korelasi, interelasi dan interdependensi antara aspek iptek, ekonomi dan kesehatan (sosial) sangat kuat dengan implikasi yang luas. Kemajuan iptek dalam penemuan dan produksi obat inovasi baru misalnya, dalam realitasnya dapat membawa perubahan radikal dalam pelayanan kesehatan termasuk implikasi pembiayaan bagi masyarakat maupun pemerintah.

Dalam rangka mengantisipasi tantangan kesehatan abad dua puluh satu ini, dan menjadi bagian dari komponen penunjang aspek kesehatan di Indonesia, maka proses pembekalan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan mencapai titik urgensinya.

Untuk itulah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan “REFORMASI” hadir di tengah-tengah masyarakat, sebagai wadah untuk mencetak kader-kader kesehatan yang sifatnya tidak hanya kuratif (menyembuhkan) namun juga preventif (mencegah). SMK Kesehatan ini merupakan institusi setingkat SMA bidang kesehatan yang pertama hadir di Kalimantan Barat, sekaligus sebagai pelopor dan inovator.